Senin, 05 Desember 2011

heliconia

Bicara tentang banana, yang pasti heliconia bukan buah berwarna kuning kehijauan. Heliconia yang saya bicarakan yakni nama bunga yang menurut aku pribadi amat menawan. Tumbuhan hias ini umumnya dimanfaatkan sebagai tumbuhan landscape paling utama guna border plant. Kadang-kadang digunakan pula sebagai wall plant <== istilah ngarang, maksud ane tumbuhan ini untuk menutup dinding yang punya kesan kaku hihihi… :)
Bila dipandang sepintas, tanaman heliconia tidak berbeda jauh dengan pisang, batang berpelepah, daun lebar dengan pertulangan sejajar. Namun, ukuran flora heliconia sangat lebih kecil jika disamakan tumbuhan banana.
Sebab heliconia merupakan tumbuhan kembang, aku bahas mengenai bunganya aja yah… :) Bunga heliconia sesungguhnya tidak memikat sedikit pun, daya tariknya ada di pelindung kembang / selundang bunga atau bractea. Elemen inilah yang begitu mempesona bagi serangga dan apalagi manusia <== ya iyyallah..
bunga heliconia, pisang hias, pisang-pisangan, kembang heliconia, bractea heliconia, selundang bunga
Selundang bunga memiliki bentuk & warna yang bermacam-macam. Sebagian besar yang saya tahu bentuknya mirip capit udang dan tipis, tetapi ada juga selundang yang tebal “berdaging”. Warna kuning kehijauan condong mendominasi di pasaran sehingga memiliki kesan “biasa”, ada juga yang warna marah menyala. Menurutku yang merah ini keren banget!!!
Dari type pertumbuhan bunga juga dibedakan jadi 2 yakni bunga menjuntai & tegak ke atas. Kedua jenis kembang ini dapat dimanfaatkan sebagai kembang hias di acara-acara resmi seperti pengantin, prasmanan, syukuran dsb. Akan tetapi jenis tegak yang paling banyak untuk bunga potong (yang menjuntai digunakan dengan batang tumbuhannya).
Terutama saking indahnya bunga heliconia ini (walau beberapa saja yang menurutku cantik hahaha) bunga heliconia dijadikan salah satu stilasi (kesenian gambar dengan menyederhanakan bentuk) dalam desain tas handmade. Ingin tahu menyerupai apa? Silahkan anda lihat pada stilasi heliconia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar