Selasa, 06 Desember 2011

bunga dandelion


Dandelion Si Bunga Ajaib

Ekstrak bunga dandelion bisa dikonsumsi sebagai detoksifikasi atau membuang racun di tubuh

RABU, 8 APRIL 2009, 15:29 WIB
Irma Kurniati, Mutia Nugraheni
VIVAnews - Anda sedang bingung memilih tanaman apa yang cocok untuk kebun belakang Anda? Kenapa tak memperindah taman Anda dengan tanaman yang memiliki bunga cantik dan berguna bagi kesehatan, yaitu dandelion.

Tanaman yang memiliki bunga berwarna kuning merekah ini, memang terkenal sebagai bahan obat alami dan sudah banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Akar, daun, dan bunganya bisa dijadikan obat herbal.

Bunganya, selain sering dikonsumsi juga sering digunakan sebagai
campuran minuman. Bagian daun dan akarnya bisa digunakan untuk mencegah penyakit gangguan pencernaan.

Dandelion hijau juga sering digunakan sebagai bahan obat diuretik, yaitu memperlancar buang air kecil. Dandelion bisa membantu menurunkan tekanan darah dan melancarkan buang air kecil.

Akar dandelion mengandung inulin dan levulin yang berfungsi untuk
menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Rasanya memang sangat pahit, tetapi khasiatnya dapat melancarkan aliran empedu dari hati. Selain itu, akarnya juga mengandung cholin, yang sangat baik bagi organ hati.

Fungsi lainnya adalah sebagai detoksifikasi atau pembersih usus besar. Sedangkan, untuk bagian daunnya, memiliki kandungan mineral, kalcium, vitamin A, C, K, dan B2 (riboflavin).

Dandelion juga bermanfaat untuk mencegah penyakit liver. Karena,
kandungan dalam dandelion itu berfungsi seperti filter, yang menyaring racun-racun dalam darah.
Jika liver bermasalah akan banyak penyakit yang akan muncul. Seperti sembelit, kulit kasar, jerawat, dan perut kembung, sakit kepala dan PMS.
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar