Senin, 05 Desember 2011

delapan dewa

Hidupnya menyendiri di pinggir tebing. Akarnya mencengkeram pada bebatuan. Kaudeks berdiameter sekitar 6 cm menyembul di antara celah batu. Begitulah hidup Euphorbia waringiae di habitatnya. Namun, di tangan Boen Soediono anggota famili Euphorbiaceae itu tumbuh di dalam pot. Kehadirannya memperindah sudut ruang di kediamannya di Jakarta Pusat.
tanaman hias
Euphorbia asal Madagaskar itu menjadi pilihan Boen lantaran bersosok unik. Kerabat jarak pagar itu memiliki bonggol bulat seukuran telur. Dari ujung bonggol tumbuh batang bercabang dua. Salah satu cabang hanya berukuran sekitar 6 cm dan diselimuti daun lanset hijau keunguan. Sedangkan cabang yang lain panjangnya sekitar 40 cm dan memiliki 2 anak cabang.
Masing-masing anak cabang itu tengah memunculkan bunga berwarna kuning dengan semburat salem. Bentuknya mirip Euphorbia milii yang populer di tanahair. Hanya saja berukuran lebih kecil yakni berdiameter 5-7 mm. Agar lebih cantik, tanaman itu ditanam pada pot keramik setinggi 20 cm. Cabang yang panjang dibiarkan menjuntai dan dito-pang batu fosil seukuran kepalan tangan sehingga membentuk gaya cascade.
Dari Thailand
Dengan penampilan seperti itu, Euphorbia waringiae ibarat naik kelas. Tanaman liar yang hidup di antara semak-semak itu kini berbalut pot nan indah. Saat dipajang pada pameran Trubus Agro Expo di Parkir Timur Senayan, Jakarta, tanaman itu banyak mengundang pujian para pengunjung. Ia memang pantas mengikuti jejak kerabatnya, seperti poinsetia dan Euphorbia milii yang lebih dulu dikenal sebagai tanaman hias.
Mengoleksi E. waringiae kian istimewa karena tergolong tanaman langka. Meski hidup jauh dari jangkauan manusia, keberadaannya di alam terancam punah. Maklum, ia tumbuh di daerah kritis dan minim hara. Keluarga jarak-jarakan itu hidup di bukit-bukit batu di bagian barat daya Madagaskar.
Untuk memenuhi kebutuhan hara, ia hanya bersandar pada humus yang berasal dari daun semak yang berguguran. Seandainya humus itu makin terkikis, maka terancam pula hidupnya. Dengan mengoleksi tanaman itu berarti memperpanjang kehidupan mereka. Apalagi bila kerabat singkong itu dibudidayakan dan diperbanyak baik secara vegetatif maupun generatif.
Tak hanya Euphorbia waringiae yang dikoleksi Boen. Euphorbia endemik Madagaskar lainnya juga ia datangkan via Thailand. Salah satunya Euphorbia capsaintemariensis. Penampilannya tak kalah unik. Dari ujung batang yang hanya setinggi 3 cm, tumbuh sekitar 20 cabang.
Di ujung cabang tumbuh daun tebal berukuran 2 cm yang bagian tepinya bergelombang dan menggulung ke dalam. Bunganya kuning dan mungil seukuran bunga Euphorbia waringiae. Hanya saja semburatnya hijau. E. capsaintemariensis juga hidup di daerah berbatu.
13 tahun
E. capsaintemariensis sejatinya varian dari Euphorbia decaryi. Jenis inilah yang dikoleksi Hanodo Buntoro di Pati, Jawa Tengah, sejak 13 tahun silam. Pantas bila dilihat dari bentuk daun keduanya hampir mirip. Bedanya, daun E. decaryi lebih tebal dan berwarna marun. Meski sedang tidak berbunga, sosok kerabat sambang darah itu menawan karena bertajuk rimbun. Saking rimbunnya batang dan cabang nyaris tak terlihat diselimuti daun.
‘Tanaman itu pertumbuhannya lamban, hanya beberapa milimeter setiap tahunnya. Ia lebih suka tumbuh membentuk cabang baru,’ ujar Buntoro. Oleh sebab itu, koleksi pemilik nurseri Soetomo Flora itu hanya setinggi 15 cm meski berumur 13 tahun. Namun, ketika daun disingkap tampak puluhan cabang yang sangat rapat.
Euphorbia endemik Madagaskar yang juga didatangkan Boen adalah Euphorbia suzannae-marnieriae. Daun tanaman yang hidup di Provinsi Toliara, Madagaskar, itu juga mirip capsaintemariensis dan decaryi. Hanya saja ukuran daun lebih panjang dan lebar. Daunnya juga lebih tipis. Namun, ia memiliki kaudeks seperti E. waringiae yang berukuran 5-6 cm.
Ada lagi Euphorbia neohumbertii yang penampilannya berbeda dengan ketiga jenis sebelumnya. Batangnya menyerupai kaktus dengan penampang melintang berbentuk segi delapan. Daunnya oval dan bertangkai menyerupai raket tenis. Daun hanya tumbuh di ujung cabang sehingga membentuk tajuk seperti payung. Tanaman terlihat indah bila daun pada setiap cabang tumbuh serempak.
Hibrida
Keelokan jenis spesies menitis pada turunannya. Salah satunya silangan antara Euphorbia labatii dan E. ambovombensis. Bila dilihat dari bentuk daun, hasil silangan itu didominasi karakter E. labatii. Ciri khas utama tanaman itu berdaun tipis dengan tulang daun berwarna hijau muda sehingga menimbulkan corak pada daun. Sedangkan E. ambovombensis memiliki karakter mirip E. decaryi yakni berdaun tebal, berwarna marun, dan keriting di bagian tepi daun. Alhasil, dari persilangan itu muncul karakter labatii, tetapi daunnya lebih tebal. Penampilannya kian cantik karena daun tumbuh roset.
Kecantikan kerabat bunga delapan dewa itu membuat Jeanne Wenas, kolektor asal Surabaya, rela merogoh kocek demi mendapat koleksi saudara dekat bunga delapan dewa itu. Ketertarikan pemilik nurseri Green & Grow itu bukan tanpa alasan. Keindahan kerabat-kerabat euphorbia ternyata dapat dinikmati meski sedang tak semarak bunga. (Imam Wiguna/Peliput: Destika Cahyana)
http://www.trubus-online.co.id/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=7&artid=1523

Tidak ada komentar:

Posting Komentar